Pendahuluan
Materi
ini memperkenalkan berbagai macam perangkat lunak, seperti system operasi,
program aplikasi, interpreter, compiler, dan Bahasa pemrograman.
1.
Pengelompokan Perangkat Lunak
Computer tidak akan berguna tanpa
keberadaan perangkat lunak (software), dan computer bekerja atas dasar
instruksi. Sekumpulan instruksi di berikan untuk mengendalikan perangkat keras
computer. Sekumpulan instruksi lebih di kenal dengan sebutan program atau
program computer.
Program computer lebih umum di
sebut perangkat lunak. Perangkat lunak biasa di kelompokan menjadi program
system ( system program ) dan program aplikasi ( application program)
1.2
Program Sistem
Program system ( sering kali di sebut perangkat
lunak pendukung atau support software ) adalah program yang di gunakan untk
mengontrol sumber daya computer, seperti CPU dan piranti masukan / keluaran.
Program system di kemlompokan
menjadi 3 golongan, yaitu program pengendali system, program pendukung system,
dan program pengenbangan system.
·
Program
pengendali system adalah program yang mengendalikan pemakaian perangkat keras,
perangkat lunak, dan data pada computer selama program ini di jalankan. Missal
system operasi
·
Program
pendukung system adalah program yang mendukung operasi, manajemen, dan pemekai system
kompter dengan menyediakan bermacam macam layanan. Termasuk dalam kelompok ini
adalah utilitas, pemantau kinerja system, dan pemantau keamanan.
·
Program
pengembangan system adalah program yang di tujukan untk membantu pemakai dalam
membuat/mengembakan program. Termasuk dalam kategori ini yaitu compiler dan
interpreter.
1.3
Program aplikasi
seingkali hanya disebut aplikasi adalah program yanf dibuat oleh pemakai yang
di tujukan untuk melakukan suatu tugas khusus. Program seperti ini bias di
kelompokan menjadi dua, yaotu program aplikasi serbaguna dan program aplikasi
spesifik.
·
Program
aplkasi serbaguna adalah program aplikasi yang dapat di gunakan oleh pemakai
untuk melaksanakaan hal hal yang bersifat umum, contoh membuat dokumen atauu
mengirin surat secara elektronis)
·
Program
aplikasi spesifik adalah program yang ditunjukan untuk menangani hal hal yang
sangat spesifik
2.
Berbagai Perangkat Lunak
2.1 Spreadsheet
Spreadsheet ( Lembaran Kerja )
adalah Program serbaguna untuk mengelolah data dalam bentuk tabel dan dapat
melakkan perhitungan – perhitungan secara dinamis terhadap data. Pengertian dinamis
disini berarti bahwa perubahan pada perubahan pada ssuatu data dengan sendiri
nya akan mengubah hasil perhitungan.
Program
ini dilengkapi dengan berbagai rumus bawaan yang biasa disebut fungsi yang
antara lainmencangkup rmuus rumus keuangan, matematika, dan statistika.
Microsoft Excel merupakan contoh Spreadsheet terkenal pada Lingkungan windows,
sedangkan StarOffice Calc merupakan contoh program Presentasi pada Lingkungan
Linux
2.2 Word Processor
Word
Processor alias pengelolsh kata adalah nama umum untuk program yang digunakan membuat
dokumen. Program ini berbeda dengan editor teks. Kalau editot teks hanya
dimaksudkna untuk menuliskan teks tanpa foemat biasa nya dipakai untuk membuat
program, pengelolah kata dapat dipakai untk memformat teks. Pemakai dengan
leluasa dapat mengatur ukuran teks, mengubah bentuk teks, dan lain lain. Selain
itu, teks juga bias di lengkapi dengan gambar. WordPerfect dan Microsoft Word
merupakan contoh yang terkenal di lingkungan Windows. AbiWord dan StarOffice
Writer merupakan contoh pengelolah kata di lingkungan linux.
2.3 Program Presentasi
Program
Presentasi adalah program yang di gunakan untuk membuat bahan presentasi dan
sekaligus untuk berpresentasi. Dalam hal ini, bahan Presentasi bias
melliobatkan teks, suara, gambar, video, dan animasi. PowerPoint merupakan
contoh program presentasi yang terkenal di
lingkungan windows, sedangkan StarOffice Impress adalah contoh program
presentasi di lingkungan linux.
2.4 Image Processing
Preogram
pengelolah cintra (Image Processing ) adalah program yang di gunakan untuk
memanipulasi cintra ( gambit atau foto ). Program ini dapat di pakai untuk
memperbesaar atau memperkecil citra. Membersihkan citra yang kotor, mengubah
warna tertentu pad citra, dan berbagai operasi yang lain nya. Adobe
Photoshop merupakan contoh program
pengelolah citra di lingkungan windows, sedangkan GIMP merupakan contoh
pengelolah citra yang terpopler di lingkungsn linux.
2.5 Surat Elektronis
Program
Komunikasi menyediakan sarana untuk melakukan kolmunikasi antarpemakai secara
elektronis. Yang paling umum banyak digunakan adalah program yang digunakan
unntuk mengirim atau menerima surat elektronis ( E- mail ). Contoh seperti yahoo.com, gmail.com,
dan lain lain.
2.6 Groupware
Groupware
adalah perangkat lunak yang di pakai untuk melakukan kolaburasi, yakni membantu
sejumlah orang yang yang menangani pekerjaan kelompok. Perangkat lunak ini
mendukung sarana kolaborasi seperti surat elektronis, basisdata, grup diskusi,
penjadwalan, dan lain lain. Contoh Groupware antara lain, Lotus, Notes, Novell,
GroupWise, Microsoft Exchange, dan Netscaape Communicator.
2.7
DBMS
DBMS ( database management system )
adalah program yang ditujukan untk melaksanakan managent data. Perangkat lunak
ini menyediakan fasilitas untuk menyimpan data, memanupulasi data, dan
mengambil data dengan cara yang mudah dan cepat. Di lingkungan PC yang berbasis
Windows adalah Microsoft access merpakan DBMS yang saangat popular,
Dilingkungan Linux, MySql yang sangat banyak di pakai.
2.8
Personal Information Manager
Personal Information Manager ( PIM ) merupaka
program yang sangat bermanfaat bagi individu yang ingin mengelolah informasi
pribadi. Prangkat lunak ini menyediakan fasilitas seperti untuk menyimpan dan
mengorganisasikan informasi pelanggan atau klien maupn mmencatat jadwal
pertemuan. Contoh Lotus, Organizer, Dan Microsoft Outlook.
2.9
Web Browser
WebBrowser adalah Perangkat lunak
yang berguna untuk mengakses informasi Web atau pun untuk melakkan transaksi
via web. Microsoft Internet Explorer dan Netscape Navigator merupakan contoh web browser yang terkenal di lingkungan
windows.
2.10
Software Suite dan Paket Terintegrasi
Software Site adalah Kumpulan
beberapa program yang dikemas menjadi satu. Beberapa contoh yang terkenal
adalah Microsoft Office, Lots SmartSite, serta StarOffice. Microsoft Office
merupakn produk yang terdiri atas beberapa program seperti Ms Word, Ms Excel,
Ms Access dan beberapa program lain nya. Tentu saja bila software site
terinstal pada kompter akan memakan ruang pada hardist yang sangan besar,
padahal belm tentu semua program akan digunakan oleh pemakai. Inilah yang di
pandang sebagai kelemahan progrman ini. Belum lagi dalam hal biaya. Sekali pun
program komersial yang tergolong sebagai software site lebihmrah dari pada
membeli program secara individual, pemakai dihadapkan pada persoalaan menyia
yiakan uang sekira nya program yang tidak pernah di pakai.
2.11
Perangkat lunak Multimedia
Dengan semakin marak nya pengguna
multimedia untuk berbagai keperluan, indstri perangkat lunak multimedia jga
berkembang dengan pesat. Sebagaimna di ketahui multimedia adalah teknologi yang
menggabungkan kemampuan teks, gambar, suara, animasi, gambar, dan video.
Beberapa
perangkat lunak yang terkait dengan multimedia, antara lian :
·
Adobe
Premiere : perangkat lunak yang digunakan untuk membuat film dalam berbagai
format seperti Microsoft AVI (*.AVI) dan QuickTime (*.MOV)
·
Winamp
: perangkat lunak untk memainkan beberapa berkas audio, seperti MP3
·
Jet
audio : perangkat luunak yang dapat di gunakan untk memgonversi suara dalam
kaset atau VCR menjadi data digital
·
Macromedia
Shockwave : perangkat lunak untuk membuat halaman web yang di lengkapi dengan
audio dan animasi.
2.12
Sistem Operasi
Sistem operasi adalah program yang
bertindak sebagai perantara antara perangkat keras dengan pemakai computer.
Tujuan system operasi adalah menyediakan lingkungan yang memungkikn kan pemakai
dapat menjalankan program apa pun dengan mudah.
Fungsi
Utama Sistem Operasi
System operassi mempunyai tiga
fungsi utam, yaitu manajemen proses, manajemen sumber daya, dan manajemen data.
·
Manajemen
proses mencakup penyiaapan, penjadwalan, dan pemantauuan proses pada computer.
Proses adalah program yang sedang berjalan.
·
Manajemen
sumber daya berkaitan dengan pengendalian terhadap pemakai sumber daya alam
system computer yang di lakukan oleh program system atau pun program aplikasi
yang sedang di jalankan pada computer. Yang dimaksud dengan sumber daya disini
adalah komponen perangkat keras dalam computer seperti CPU, memori utama, dan
piranti maskaan atau keluaran.
·
Manajemen
data berupa pengendalian terhadap data masukan atau kelaran, temasuk dalam hal
pengalokasian dalam piranti penyimpanan sekunder mau pun dalam memori utama.
2.13 Utilitas
Utilitas adalah program bantu yang
bermanfaat untk melakukan kegiatan yang berhubungan dengan sumber daaya system,
misalnya untuk melakukan defragmentasi data pada hardisk. Dilingkungan windows,
program – program seperti ScanDist, Disk Cleanp, dan Disk Defragmenter, yang
tergolong dalam system tools, merupakan contoh utilitas.
3. Bahasa Pemrograman
Telah di ketahui bahwa program adalah
Sekumpulan instrksi yang di gunakan untuk mengatur perangkat keras computer
agar melaksanakan perintah tertentu. Kegiatan yang berkaitan dengan penulidan
program yang biasa di sebut pemrograman.
3.1 Evolusi bahsa
pemrograman
Bahasa
Bahasa yang di gunakan untk mengatur prangkat keras computer telah mengalami
evolsi beberapakali sampai sejauh ini, di kenal adanya 5 generasi Bahasa pemrograman.
·
Bahasa
pemrograman generasi pertama
Bahasa
pemrograman generasi pertama menggunakan Bahasa mesin untuk menyatakan instrksi
bagi computer. Tentu saja, program generasi ini sangat sulit untuk di pahami
oleh orang awam dan sangat membosankan bagi pemrograman. Selain itu, setiap
mesin memiliki kode sendiri.
·
Bahsa
pemrograman generasi kedua
Bahsa
pemrograman kedua menggunakan Bahasa rakitan. Sebagai pengganti kode kode
biner, di gunakan lah kependekan dari kata kata. Misalnya MOV untuk menyatakan
“move” dan JNZ yang berarti “jump non zero” atau “ lompat kalau tidak sama
dengan nol”.
·
Bahasa
pemrograman generasi ketiga
Bahasa
pemrograman generasi ketiga mengguunakan pendekatan procedural. Sebagai Bahasa
procedural, pemrograman perlu menuliskan instruksi instrksi yang rinci agar
kompuuter melaksanakan tugas nya.
Namun,
mengingat computer sesungguhnya hanya mengenal kode dalam bentuk biner, program
yang ditulis oleh programan perlu diterjemahkan ke bahasa mesin dengan
menggunakn perangkat lunak yang di sebut penerjemah bahssa ( language
translator ).
Penerjemah di bedakan menjadi
dua, yaitu compiler dan interpreter :
1.
Compiler
adalah program penerjemah yang mengkonversi semua kode sumber menjadi kode
object.
2.
Interpreter
adalah program yang menterjemahkan per satu instruksi dalam kode sumber dan
kemudian segera dan kemudian segera menjalan kan instruksi yang telah di
terjemahkan tersebut.
·
Bahasa
pemrograman generasi keempat
Bahasa
pemrograman generasi keempat di rancang untuk menguragi waktu pemrograman dalam
membuat programan sehingga diharapkan produktivitas pemrograman meningkat dan
programan dapat di bat dalam waktu yang lebih pendek.
Bahasa
pemrograman generassi keempat menggunakan pendekatan non procedural. Untuk
mendapatkan suatu hasil, seorang pemakai tidak perlu memberitahukan secara
detail tentang bagaimana mendapatkan nya.
Bahasa generasi keempat mendukung
fasilitas seperti :
1.
Pembangkitan
program
2.
Pembangkitan
laporan
3.
Bahsa
query
4.
Pembangkitan
gambar
Beberapa contoh Bahasa generasi
keempat :
1.
Oracle
2.
Informix
3.
Sybase
4.
Powerhouse
5.
Access
6.
FOCUS
·
Bahasa
pemrograman generasi kelima
Bahasa pemrograman generasi kelima
merupakan kelompok Bahasa-bahasa pemrograman yang ditujukan untuk menangani
kecerdasan buatan (artificial intelligence). Kecerdasan buatan adalah disiplin
dalam ilmu computer yang mempelajari cara computer meniru kecerdasan manusia.
Berbagai aplikasi kecerdasan manusia adalah seperti berikut :
·
Pemrosesan
Bahasa alami (natural language processing) yakni mengatur computer agar bisa
berkomunikasi dengan mansia melalui Bahasa manusia (Inggris, Spanyol, Perancis,
Indonesia dan sebagainya).
·
Pengendalian
robotika dengan sensor mata.
·
Aplikasi
system pakar (expert System) yang menir seorang pakar dibidang tertentu
sehingga bisa menghasilkan nasihat atau pemikiran yang setara dengan seorang
pakar.
PROLOG
dan LISP merpakan dua contoh Bahasa permrograman yang ditujukan untk menangani
kecerdasan buatan.
7.4.2
Berbagai Bahasa Pemrograman
Bahasa pemrograman yang diciptakan
manusia mungkin tak terhitung. Beberapa Bahasa pemrograman yang terkenal,
antara lain :
FORTAN,
COBOL, PL/I, BASIC, Pascal, ada, C, C++, dan Java.
FORTAN
Fortan
(FORmula TRANslator) dikembangkan pada tahn 1956 oleh John Backus di IBM.
Ditujukan untuk mempermudah pembuatan aplikasi ilmu pengetahuan dan teknik,
terutama untuk melakukan perhitungan . FORTAN merupakan Bahasa beraras tinggi
yang pertama kali diciptakan. Kelemahan Bahasa ini terletak pada operasi
masukan/keluaran yang sangat kaku.
COBOL
COBOL (Common Business Orianted Language) dikemba
gak pada than 1959. Sesuai dengan
kepanjangan namana. Bahasa ini ditujukan untuk mempermudah pembuatan aplikasi
di bidang bisnis. Sejauh ini Bahasa ini masih banyak digunakan terutama di
lingkungan mini computer dan mainframe.
Kelemahan Bahasa ini terletak pada
struktur penulisan program yang sangat kaku dan terkesan bertele-tele.
PL/I
PL/I (Programming Language 1)
diperkenalkan oleh IBM pada tahun 1963. Dapat dipakai untuk menangani
pemrosesan data bisnis maupun untuk melakukang perhitngan data ilmu
pengetahuan. Bahasa ini hanya dikenal di lingkungan computer IBM dan tidak
populer di PC. Bahasa ini pun jarang dipergunakan karena secara kseeluruhan
PL/I sangat sulit untuk dipelajari.
BASIC.
BASIC (Beginner All-purpose Symbolic
Instruction Code) dikembangakn padda tahun 1965
di Darmoth College. Penciptanya adalah John Kemeny dan Thomas Kurtz.
Awalnya ditujukan sebagai Bahasa sederhana untuk pengajaran dasar pemrograman
computer. Bahsa ini tergolong sebagai Bahasa serbaguna, yakni dapat dipakai
untk aplikasi apa saja. BASIC merupakan Bahasa yang sangat popular, sebelum
akhirnya muncul Pascal.
Pada
awal 1990-an pamor Bahasa ini mencorong kembali saat Microsoft
menggunakan Bahasa ini sebagai landasan pada pemrograman visual yang disebut
Visual Basic.
Pascal
Pascal dibuat oleh Nicklaus Wirth
pada tahun 1971. Nama Pascal berasal dari nama matematikawan Perancis yang
bernama Blaise Pascal (1623-1662). Bahasa ini awalnya digunakan ntuk
mengenalkan pmerograman tersetrktur, Pascal sangat popular di lingkungan
mahasiswa ilmu computer dan teknik dan menggeser FORTRAN maupun BASIC. Seperti
halnya BASIC. Versi awal Pascal kurang cocok dipakai untuk menangani aplikasi
bisnis mengingat dukungan terhadap basis data sangat terbatas.
PASCAL
merupakan bahsa yang dipakai sebagi landasan pembuatan kode pada perangkat
lunak Delphi dan Kylix. Delphi merupakan suatu perangkat lnak pengembangan
program yang sangat popular di lingkungan Windows dan Kylix adalah perangkat
lunak serupa yang berjalan di lingkungan Linux
ADA
ADA Di
kembangkan oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat mulai pada tahun 1975 dan
dirilis pada tahun 1981. Nama Bahasa ini digunakan sebagai penghargaan kepada
Lady Augusta Ada Byron, pemrograman mesin analitis Babbage pada tahun 1930-an.
Bahasa ini dibuat untuk dijadikan sebagai standar bagi seluruh aplikasi di
departemen tersebut. ADA mendukung teknik pemrograman modern yaitu pemrograman
terstruktur, penyembunyian informasi (information hiding), tipe data abstraj
dan pemrosesan pararel. ADA sesungghnya bkanlah Bahasa yang khusus ditujukan
untuk menangani aplikasi militer, melainkan juga dapat digunakan untuk membuat
aplikasi bisnis, termasuk di lingkungan PC.
C
C diciptakan oleh Brian W. Kernighan
dan Dennis M. Ritchie pada tahun 1972 di Laboratorium Bell AT&T. Bahasa ini
menggabungkan kemampuan pengendalian mesin dalam aras rendah dan struktur data
dan struktur control yang beraras tinggi. C dipakai antara lain untk mensisi
system operasi UNIX dan LINUX, sifatnya yang portable, membat kode UNIX mudah
dipindah-pindahkan dari satu platform ke platform yang lain.
C++
C++ dibuat oleh Bjarne Stroustrup
pada than 1983 di Laboratorium Bell, AT&T. awalnya dinamakan “a better C”.
Nama C++ diberikan oleh Rick Mascitti pada musim panas tahun 1983. C++
merupakan Bahasa pemrograman berorientasi objek yang sangat terkenal dan
menggnakan kaidah Bahasa C. berbagai program grafis dilingkungan Windows, UNIX,
dan Linux dibuat dengan menggunakan Bahasa ini.
Di
lingkungan Windows, Visual C++ merupakan perangkat lunak yang dapat dipakai
untuk membuat aplikasi apa saja, termasuk untuk menangani basis data.
DBASE
DBASE merupakan Bahasa pemrograman
berorientasi basis data yang mengawali kepopuleran DBMS (Database Management
System) di lingkungan mikrokomputer. Diawali dengan dBase II. Versi 2.4 dirilis
pada September, 1983, dioperasikan pada IBM PC yang menggunakan PC_DOS
V.1.1,2.0, atau 2.1 Pada tahun 1985. Perusahaan Ashton-Tate mengeluarkan dBASE
III, Produk berikutnya, dBASE III Plus sangat populer. Di lingkungan PC muncul
produk serupa seperti Clipper dan Foxpro.
Jika dBASE III Plus beriorentasi
pada system operasi DOS, penerusnya yaitu Visual dBASE beroperasi pada Windows
dan mendukung pemrograman Visual (seperti halnya Visual Basic). Inti dBASE juga
diterapkan pada Visual Foxpro.
JAVA
JAVA dibuat pada than 1995 Di Sun
Microsystems. Java merupakan Bahasa berorientasi objek dan serbaguna. Kode java
dkompilasi dalam format yang disebut bytecode. Bytecode ini dapat dijalankan
disemua kompter yang telah dilengkapi dengan pemrograman Java Interpreter dab
Java Virtal Machine.
Java sangat populer karena pada masa
awal Internet menjadi populer, Java telah menyediakan sarana untk membuat
program (yang disebut applet) yang berjalan pada Web Browser. Bahasa ini juga
mendukung konekdi ke database, menyediakan sarana untuk membuat aplikasi
berbasis Windows, dan juga dapat dipakai untuk pemrograman jaringan.
LISP
LISP (LISt Processing) diciptakan
oleh John McCarthy di MIT sekitar tahun 1960 dan merupakan Bahasa kecerdasan
buatan yang pertama. Kehadiran Bahasa ini merupakan kebangkitan dari aplikasi
kecerdasan buatan. Sejak saat itu, masih dalam decade 1960-an, bermunculan
program-program yang meniru kecerdasan manusia, seperti program yang
memungkinkan computer bermain catur dan program yang dapat bertindak sebagai
psikoanalis.
PROLOG
PROLOG (aslinya memiliki kepanjangan
PROgrammation enLogique atau kemudian diingriskan menjadi PROgramming in LOGic)
adalah Bahasa untuk aplikasi kecerdasan buatan yang dibuat pada tahun 1972 di
Universitas Marseille-Aix Prancis. Penciptanya adalah Alain Colmeraues. Bahasa
ini menjadi sangat populer semenjak jepang mengumumkan pada tahun 1981 bahwa
Jepang akan menggunakannya sebagai bass jinoyter “generasi kelima”.
2.13 Utilitas
3. Bahasa Pemrograman
Tidak ada komentar:
Posting Komentar